Museum Wasaka, Lambang Perjuangan Rakyat Kalimantan Selatan

Posted: 11 September 2010 in Sejarah Banjar

Museum Wasaka adalah sebuah museum perjuangan rakyat kalimantan selatan. Wasaka singkatan dari Waja Sampai Ka puting yang merupakan motto perjuangan rakyat Kalimantan Selatan.

Museum bertempat pada rumah banjar Bubungan Tinggi yang telah dialih fungsikan dari hunian menjadi museum sebagai upaya konservasi bangunan tradisional.

Terletak di Gang H. Andir, Kampung Kenanga Ulu, Kelurahan Sungai Jingah, Kecamatan Banjarmasin Utara, Kota Banjarmasin.

Saat diresmikan oleh Ir. H. Muhammad Said, gubernur Kalimantan Selatan periode 1984-1995 pada 10 November 1991, Museum Wasaka hanya memiliki koleksi sekitar 77 buah. Kini, setelah hampir dua puluh tahun berlalu, benda-benda bersejarah yang disimpan di museum perjuangan rakyat Kalimantan Selatan tersebut jumlahnya sudah lebih dari dua ratusan. Apa saja?

Beberapa benda-benda bersejarah peninggalan perjuangan rakyat Kalimantan Selatan.

Jika Anda ingin berkunjung untuk melihat museum sejarah Rakyat banjar ini (Museum Wasaka) dibuka setiap hari kecuali hari Senin. Pengunjung bisa datang pada hari Selasa sampai Kamis pukul 08.30-13.30, hari Jumat pukul 08.30-10.30, hari Sabtu pukul 08.30-12.30, dan hari Minggu pukul 08.30-13.30.

Semoga peninggalan bersejarah yang akan selalu mengingatkan kita akan perjuangan rakyat Banjar dimasa dahulu dan menambah semangat kita untuk tetap mempertahankan budaya, adat dan kekayaan daerah… Amin

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s